Bab 2

Cause You were all YELLOW!!
Hampir satu tahun gue kenal Ehsan. Dia juga yang udah bikin gue ngerasa nggak tertarik lagi buat nyari kenyamanan sama bujang-bujang di kampus gue. Emang yah, kenyamanan itu nggak pandang bulu. Kalau kita udah nyaman sama seseorang meskipun belum deket secara langsung, mau digimanain lagi? Kita nggak akan pernah tahu rasa nyaman itu bakal jatuh dimana dan ke siapa, sebab panda pun nggak pernah tahu kalau pada akhirnya habitat terbesar mereka ada di China. Kangguru juga nggak bakal bisa milih seenaknya kalau populasi mereka itu terbanyak ada di Australia. Semua terjadi gitu aja, dan emang karena semesta mendukung.
Jadi mungkin Tuhan udah ngerencanain kalau pada akhirnya gue juga mulai ada perasaan yang berbeda sama Ehsan. Gue jatuh cinta sama dia lewat kata, pada setiap frasa yang menggugah rasa, dalam kalimat demi kalimat yang dia tata, melalui dunia maya. Ini aneh!!!

Hingga akhirnya, pucuk dicinta, ulam pun tiba... menjelang masa liburan kuliah gue balik ke kampung halaman dan tentu dia ngajak gue ketemuan. Inilah misi ngopi darat yang berujung pada blind date yang udah gue tunggu-tunggu. Sikap gengsi gue buat ngajak ketemuan duluan sebagai cewek bisa gue tahan, dan dia yang minta buat ketemuan duluan.
Jelas dong, cewek itu kudu jaga imej tjoy! Kalau cowok cuek, cewek harus lebih cuek. Kalau cowok diem, cewek harus lebih diem.
"Uni, aku minta nomor kamu kalau gitu.. soalnya aku fb-an seringnya di PC nggak di hp. Gak mungkin kan aku bawa PC buat ketemuan sama kamu." Ini bentuk modus kedua yang Ehsan praktikkan buat dapet kontak gue.

Akhirnya, sejak saat itu gue bertukar nomor hp dan gue beri nama kontak dia "Ijo" (julukan Plankton). Soalnya Ehsan juga sering manggil gue "Kuning", itu julukan Spongebob!
Tibalah hari dimana gue ketemu sama Ehsan. Tapi gue sama dia bingung setengah mati pilih tempat yang asyik itu dimana untuk jangka waktu antara jam 4-6 sore, ya, karena emang cuma di jam segitu gue punya waktu kosong. Ehsan pun menyesuaikan jadwal gue. Akhirnya, gue rekomendasiin tempat yang lagi hits di kampung halaman gue meskipun nggak elit. di PROYEK JALAN TOL PEJAGAN yang belum jadi. Sengaja gue pilih tempat itu, soalnya gue mau ambil scene sunset ditengah pesawahan yang agak modern dengan adanya jalan tol yang masih belum fungsi. Bisa dibayangin bakal kayak gimana kesan blind date pertama gue, ala Iteung sama Kabayan masa kini.
"Aku tunggu di sana jam 4 sore ya, Kuning. Aku pake baju belang-belang putih hitam, celana hitam sama motor RX-King hitam mix ijo." Belakangan gue juga hafal kalau dia emang suka warna hitam.
Ehsan emang aneh, tapi justru keanehan itu yang bikin unik dan makin buat gue tertarik.

Tiba jam 4 sore...
Mati, motor gue nggak bisa nyala soalnya emang jarang gue pake selain pas gue lagi di rumah. Jadi gimana nih? Gue langsung hubungi Ehsan, "aduh maaf ya Ijo, mungkin aku agak telat motornya mati..."
"Hah, mati? Innalillahi wa inna ilaihi raji'un. :v" Ehsan mulai bercanda.
"Iih kamu ini, bukan itu maksudnya." Jawab gue.
"Ya udah, nggak apa-apa santai aja. :)" Ehsan menegaskan dengan berusaha bersikap gentle sebagai seorang pria yang mau menunggu.
Akhirnya, gue minta tolong sama sepupu gue yang super kepo.
"Wulan, bantuin gue dong please! Anterin gue ke jalan tol."
"Hah? Ngapain ke jalan tol? Gila lo ya, di sana mau ngapain? Ini mau udah sore hampir jam 5. Meskipun tempat itu biasanya rame tapi kalau jam segini udah mulai sepi."
"Gue mau nyamperin ijo! Ya makanya gue mau minta anter sama lo, soalnya kalau gue sendirian takut!"
 "Hah, IJO?! TAKUT?! Maksud lo apaan sih? Lo mau ketemuan sama kolor ijo jam segini ke tempat yang udah mulai agak sepi?!" Sepupu gue masih kepo dan ngotot.
"Aduuh, udah pokoknya ayo anterin gue dulu bentar pake motor lo. Kebanyakan kepo lo!"
Penuh paksaan gue ajak sepupu gue buat ikut sama gue, dan sepanjang jalan sepupu gue masih kebingungan sebenernya gue mau ngapain di sore hari gini mau ke jalan tol.
Mendekati jalan tol yang penuh dengan pesawahan berwarna hijau di sana-sini, sepupu gue makin bawel dan dia penasaran plus takut sampe sepanjang jalan merapalkan doa-doa. Ini asli, blind date terhoror yang pernah gue alami dari beberapa blind date yang pernah gue alami selama masa sekolah.
"Ni, Uni...." Sepupu gue bisik-bisik ke telinga gue dibelakang sambil masih diboncengin sama gue. Tapi gue pura-pura budeg stadium akhir cuma buat ngehindarin pertanyaan berderet dari dia.
"Ryuni.....!!!" Makin kenceng sepupu gue teriak di telinga gue, suara kenalpot motor yang bising pun kalah.
"Iya, Lan? Kenapa lo ah?"
"Kenapa, kenapa, harusnya gue yang tanya gitu ke lo?"
"Ssst... makin deket nih, itu dia kayaknya orangnya. RX-King hijau-hitam, kaos belang-belang putih-hitam."
"Waah, Ni, jangan bercanda lo! Lo mau ketemuan sama orang itu? Aduh, kaosnya kayak tahanan gitu warna belang-belang. Aduuh, Ni... ah lo, jam segini. Duuh, resiko!" Sepupu gue panik.
Makin deket dan makin jelas wajah si Ehsan, "udah tenang aja Lan, masa iya tampang kayak dia ada tanda-tanda kalau dia jahat sih?"
Motor yang gue kendarain gue berhentiin sekitar satu meter depan motornya Ehsan, lalu mesin motor gue matiin dan gue minta buat Wulan nunggu gue.
"Lo tunggu di sini ya, Lan?!" Pinta gue.
"Ah, Ni... dengerin gue dulu." Wulan narik tangan gue layaknya saudara sejati yang tak ingin kehilangan gue kayak adegan di drama korea, lalu dia bilang "Ni, lo harus tetep hati-hati.. Lo jangan tertipu sama wajah. Tampang baik belum tentu orangnya baik. Gue kasih tahu nih ya, sebelum lo balik dari Jawa Timur beberapa hari yang lalu juga gue lihat dengan mata kepala gue sendiri ada maling yang bibirnya sumbing, wajahnya sayu, bikin orang kasihan tapi taunya dia nyolong ayam Mak Emah tetangga kita terus digebukin sama orang-orang. Lo percaya sama gue!" Penuh keyakinan Wulan bilang gitu ke gue.
"Iya, iya Lan, lo simpen dulu cerita ayam orang maling bibir sumbing.. eh, maling bibir sumbing ayam. Euh, maksud gue tentang bibir sumbing sama ayam tetangga itu, aduh, jadi belibet kan? Pokoknya tentang cerita lo itu, gue yakin Ehsan ini orang yang baik. Jadi lepasin tangan gue dulu, biarin sepupu lo ini perjuangin cintanya..." Gue sebutin kata cinta dengan volume agak rendah biar Ehsan nggak denger, biasa jaga imej lagi tjoy!
"Yah, whatever lah Ni... kalau gitu gue nunggu di sini. Tapi inget, kalau ada apa-apa gue nggak mau jadi saksi buat ngasih keterangan di kantor polisi." Gilaaa ini anak, pikirannya sejauh itu. Drama banget. Udah kehipnotis tayangan-tayangan nggak mutu stasiun swasta teve-teve di Indonesia kali ya.
"Hei, ngomongin apa sih?" Sapa Ehsan dengan suara agak lantang menghindari kebisingan kendaraan sekitar yang hilir mudik ke sana kemari di bagian jalan tol yang sudah difungsikan.
"Hehe, nggak bukan apa-apa kok. Sorry nunggu lama ya?" Sambung gue.
"Santai aja, lagian di sini juga asyik lihatin sunset. Pemandangannya bagus, nyimak jingga yang mulai padam." Ceileeh, modus tahap tiga sudah dilakukan oleh Ehsan. Lagi-lagi dia bikin gue klepek-klepek sama kata-katanya.
"Haha, bisa aja kamu."
"Itu sepupu kamu? Kirain kamu ke sini sendiri?" Tanya dia.
"Iya dia sepupu aku. Nggak, ini udah sore dia kira aku bakal nemuin kolor ijo... eh maksudnya mau ketemu sama si ijo. Aku bilang gitu."
"Hahaha, kamu pasti ngasih tahu ke dia setengah-setengah jadi bingung gitu deh dia."
Ehsan tertawa lepas, dan disaat itulah gue baru merasakan dua pemandangan indah sekaligus di suasana petang. Langit yang menguning, persis dengan dia yang manggil gue dengan sebutan kuning.. dan kehijauan alam sekitar yang gue rasa begitu menenangkan dan membuat nyaman setara dengan dia yang gue panggil Ijo (hijau).
Sesekali juga kadang kita saling bertatap tanpa sengaja di langit yang semakin jingga membiaskan warna kuning yang membuat dunia gue jadi semakin menguning. Inilah kali pertama gue jatuh cinta dengan nuansa kuning, bukan lagi pink.
...oh what a thing to do, 
cause you were all yellow
(Coldplay - Yellow)
***

0 comments:



Post a Comment